UNISMA Malang Tuan Rumah Sosialisasi Program Akuisisi Pengetahuan Lokal BRIN

Universitas Islam Malang (Unisma Malang) menjadi tuan rumah pelaksanaan Sosialisasi Program Akuisisi Pengetahuan Lokal Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Gedung Bundar, Selasa (21/6/2022).

Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN, Prof Dr Agus Haryono MSi mengatakan, sosialisasi ini merupakan kali pertama digelar luring setelah sebelumnya telah berlangsung secara daring. Hal ini seiring dengan melandainya kasus pandemi COVID-19.”Jadi baru pertama kali kami lakukan langsung setelah sebelumnya sering diselenggarakan online dan terimakasih kepada Unisma yang berkenan jadi tuan rumah pelaksanaan sosialisasi,” ujarnya.

Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN Prof Agus Haryono saat memberikan arahan. Foto / Feni Yusnia

Menurut Agus, sosialisasi yang getol digaungkan ini mencakup skema akuisisi produk yang dilakukan BRIN, berupa karya ilmiah maupun audiovisual. Dengan harapan, dapat menggaet sekitar 500 produk untuk dapat diakuisisi tahun 2022 ini dengan anggaran produk antara 5 sampai 20 juta sesuai dengan jenis dan kualitas produk.”Setelah sosialisasi nanti, masyarakat dapat mengirim produknya ke BRIN untuk dilakukan evaluasi oleh tim penilai. Apabila memenuhi kriteria nanti akan ditetapkan sebagai akuisisi, pembayaran, lalu di sebarluaskan melalui kanal publik yang dikelola BRIN,” bebernya.

Dengan demikian, melalui pertemuan itu ia berharap agar mampu menjaring lebih banyak produk yang bekualitas. Sehingga memperkuat literasi di lingkungan masyarakat.

“Karena selain sosialisasi, dari BRIN juga akan ada pendampingan produk, sehingga mereka bisa bersiap untuk menghasilkan produk yang berkualitas,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Unisma Bidang Akademik dan Kerja sama, Prof Drs H Junaidi MPd PhD menambahkan, bahwa kegiatan ini menjadi peluang bagi Unisma untuk mendorong sivitas akademika Unisma untuk mendaftarkan hasil inovasi yang sudah disusun sebelumnya.

Terlebih, Unisma juga mempunyai banyak karya inovasi utamanya dalam bentuk buku. “Kalau berupa buku itu sangat banyak, bahkan di Perpustakaan itu ada Unisma Corner, tempat khusus mendisplay karya buku yang dibuat dosen Unisma. Sehingga nanti kami list kemudian didaftarkan,” imbuhnya.Terlebih, saat ini milestone Unisma sudah berada di tahap Riset University.

Sehingga semakin konsen pada kegiatan penelitian dan pemanfaatan hasil penelitian baik untuk kepentingan pembelajaran maupun masyarakat umum. Di antaranya, inovasi benalu teh, pupuk, hingga varietas baru untuk kambing.

“Sehingga produk itu nanti yang akan kami ikutkan dalam proses akuisisi pengetahuan lokal. Apalagi tahun lalu ada satu dosen Unisma yang lolos program akuisisi, semoga ini jadi pemantik bagi sivitas akademika lainnya,” tandasnya.Diketahui, kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid ini tak hanya melibatkan dosen Unisma, melainkan juga dosen dari lebih 30 PTN/S se-Jawa Timur.

Unisma Malang Tuan Rumah Sosialisasi Program Akuisisi Pengetahuan Lokal BRIN (3)
Penyerahan cindera mata Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kerjasama Prof Junaidi dan Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN Prof Agus Haryono bersama masing-masing jajaran. Foto / Feni Yusnia

Hadir sebagai welcome speech antara lain Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN Prof Dr Agus Haryono MSi dan Wakil Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kerja sama Prof Drs H Junaidi MPd Ph.D.

Serta Plt Direktur Repositori, Multimedia, dan Penerbitan Ilmiah (RMPI) BRIN Dwi Wiranto MEng; Koordinator Pelaksana Repositori Ilmiah Nasional RMPI-BRIN Sjaeful Afandi ST MP; dan Koordinator Pelaksana Fungsi Akuisisi Pelaksana Lokal Muhammad Fadly Suhendra SIkom selaku narasumber.

sumber: https://kumparan.com/tugumalang/unisma-malang-tuan-rumah-sosialisasi-program-akuisisi-pengetahuan-lokal-brin-1yJrnBm8B0x/full