Pengabdian Masyarakat Dosen Unisma Malang Kenalkan Flipped Classroom

Kegiatan pengabdian dosen Unisma Malang kali ini membidik Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Malang, yaitu SMK Negeri 2 Malang.

Pengabdian ini merupakan kegiatan lanjutan dari program kemitraan dosen di sekolah di tahun 2021. Mengacu pada kegiatan kemitraan dosen di sekolah, di SMK Negeri 2 Malang dipandang perlu menyusun re-desain pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika.

Sebab, perubahan pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah pasca pandemi Covid-19 seyogyanya perlu mendesain kembali perencanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah sesuai situasi dan kondisi yang ada.

Melalui kegiatan re-desain pembelajaran matematika inilah diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertema pendidikan ini merupakan didukung penuh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unisma yang diketuai oleh Dr. Nour Athiroh A.S., S.Si., M.Kes., melalui program HI-ma tahun 2022. Saat dikonfirmasi, Tri Candra Wulandari, M.Pd Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam dua bentuk, yaitu workshop dan pendampingan.

Ia mengungkapkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 2 Malang terutama dalam menyikapi pembelajaran pasca pandemi.

“Fokus kegiatan tersebut meliputi me-redesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menggunakan Flipped Classroom, yang memanfaatkan LMS MClass. Tak hanya itu, kegiatan ini dirancang untuk mempersiapkan guru matematika dalam mmpersiapkan pembelajaran di tahun ajaran baru, yaitu tahun 2022/2023 yang mengacu pada kurikulum SMK Pusat Keunggulan (SMK PK).” ungkap bu Can sapaan akrabnya.

Masih menurut bu Can, kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak hanya berhenti sampai re-desain saja, tetapi berdasarkan hasil diskusi bersama guru matematika, setelah menyusun re-desain pembelajaran menggunakan Flipped Classroom, kegiatan berikutnya adalah penyusunan bersama Analisis Tujuan Pembelajaran (ATP) yang yang mengacu pada materi matematika pada fase F dengan desain pembelajaran menggunakan Flipped Classroom.

Kegiatan yang sudah dikoordinasikan mulai bulan Februari 2022 ini mendaat dukungan sepenuhnya dari Kepala SMK Negeri 2 Malang, yaitu Bapak Drs. Hary Mulyono, M.T, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat mendukung peningkatan kualitas SDM guru-guru di SMK Negeri 2 Malang.

Dengan me-redesain pembelajaran menggunakan Flipped Classroom, guru dapat merancang pembajaran yang optimal dengan tetap memanfaatkan LMS MClass sebagai media penyampaian video penjelasan materi, materi hingga asesmen. Sedangkan kegiatan pembelajaran di kelas dioptimalkan untuk membahas masalah-masalah yang tidak dipahami siswa, diskusi dan presentasi hasil pemikiran siswa. Sehingga pembelajaran di kelas lebih didominasi oleh siswa.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak hanya berhenti pada workshop saja, akan tetapi berlanjut pada kegiatan pendampingan secara individu. Secara bergantian, tim pengabdian masyarakat akan datang ke sekolah hingga terciptanya modul ajar yang siap digunakan di tahun ajaran mendatang. (*)

sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/411541/pengabdian-masyarakat-dosen-unisma-malang-kenalkan-flipped-classroom