Dosen UNISMA Tingkatkan Industri Kue Kering di Kedungkandang Malang

Dosen Unisma bantu tingkatkan Industri rumah tangga Pembuatan kue kering di kelurahan kedunkandang

Dosen Unisma melalui Tim Pengadian kepada Masyarakat yang diketuai oleh Pinastika Prajna Paramita, SH., MIL beserta anggota yakni Gilang Ramadan Kololikiye, ST., MT dan Jamalul Akbar, Lc., MA membantu Industri Rumah tangga (IRT) kue kering di Kelurahan Kedungkandang pada Maret 2022. Tim Pengabdian kepada masyarakat ini didanai dari Hibah Institusi Unisma (HI-ma) TA 2021/2022. Program pengabdian ini dilakukan pada Industri Rumah Tangga kue kering di Kedunkandang Kota Malang.

Industri Rumah Tangga (IRT) yang dijadikan mitra adalah IRT “Bunda Runi” yang beralamat di Jalan KH. Hasyim V, Rt 05 RW 03 Kedungkandang, Kota Malang. Bunda Runi memiliki usaha mikro yang berkembang dalam pembuatan kue kering. Usaha ini dapat memperkerjakan 3 sampai 6 orang dari masyarakat sekitar. Oleh karena itu, keberadaannya perlu dipertahankan dan dikembangkan agar mempunyai posisi yang lebih stabil dalam membangun perekonomian masyarakat.

Kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat meliputi edukasi mengenai pengetahuan yang sehat, tepat dan berkualittas dalam pembuatan kue kering. Selain itu tim pengabdian juga memberikan pelatihan mengenai pembukuan keuangan dan tatakelola administrasi keuangan yang berkonseop pada POAC (Planning Organizing Actuating Controlling).  Pendampingan juga diberikan dalam membuat stiker plastik kue kering sehingga kue kering lebih menarik. Selain hal tersebut di atas, tim pengabdian juga memberikan sarana alat oven kue kering dengan harapan produksi dapat lebih meningkat dan lebih higenis.

Antusiasme mitra dan masyarakat sangat terlihat selama kegiatan pelatihan berlangsung karena diterapkan pola pelatihan dan pendampingan yang dilakukan oleh Tim pengabdian Unisma. Masyarakat yang semula menganggap sulit dalam membangun ekonomu mikro akhirnya tergerak untuk mencoba dan beruasaha agar dapat memajukan perekonomian keluarga. Harapan tim pengabdian dengan adanya kegiatan pengabdian ini, masyarakat dapat membangun industri rumah tangga dengan manajamen yang lebih teratur dan berkelanjutan di Kelurahan Kedungkandang.

www.infodiknas.com