Dosen UNISMA Tingkatkan Industri Kerupuk Kanji di Kedungkandang Malang

DOSEN UNISMA BANTU TINGKATKAN INDUSTRI RUMAH TANGGA KRUPUK KANJI DI KELURAHAN KEDUNGKANDANG

Dr. Afifuddin, S.Ag., M.Si bersama Tim Pengabdi Ika Nuriyanti, M.Pd dan Dr. Ir. Umi Kalsum, M.P adalah dosen Universitas Islam Malang yang telah mendapat kepercayaan dari LPPM Universitas Islam Malang untuk melaksanakan Pengabdian pada Masyarakat dalam Program Kemitraan Masyarakat tahun 2021. Program pengabdian ini dilakukan pada Industri Rumah Tangga Krupuk Kanji di Kelurahan Kedungkandang Kota Malang.

Kelurahan Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang Kota Malang merupakan  wilayah sentra industri kecil krupuk Kanji. Sebagian masyarakat menggantungkan hidupnya dari jenis usaha ini. Pada wilayah tersebut terdapat lebih dari 10 Industri Rumah Tangga (IRT) dimana rata-rata setiap IRT mampu memperkerjakan 3 sampai 6 orang tenaga kerja baik tenaga tetap maupun borongan. Ternyata keberadaan IRT kerupuk Kanji ini mampu menyerap tenaga kerja 8 sampai 12 orang. Oleh karena itu keberadaannya perlu dipertahankan dan dikembangkan agar mempunyai posisi yang lebih kuat untuk ikut membangun perekonomian bangsa

Kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Tim Dosen UNISMA ini meliputi edukasi, pelatihan dan pendampingan untuk memberikan solusi terhadap beberapa permasalahan yang dihadapi oleh IRT tersebut. Kegiatan  ini juga diperkuat dengan pemberian pengetahuan kepada Mitra tentang pemasaran produk, dan kebersihan dan kehigienisan adonan kerupuk kanji.

Beberapa solusi yang diperoleh IRT Krupuk Kanji sebagai Mitra dari kegiatan pengabdian ini antara lain adanya hibah peralatan Pengeringan menggunakan oven dengan bahan bakar gas LPG untuk mengatasi permasalahan pengeringan produk di musim hujan dan di malam hari, sehingga pengeringan krupuk tidak hanya tergantung pada panas matahari. Dengan demikian kualitas dan kuantitas produksi dapat ditingkatkan. Disamping itu adanya inovasi design label merk produk dari Tim Pengabdi akan semakin menambah daya tarik produk, sehingga akan meningkatkan pemasaran produk krupuk Kanji tersebut.

Mitra dan masyarakat sekitar sangat antusias dengan adanya kegiatan ini karena diterapkan pola pembinaan dan pendampingan.  Masyarakat yang semula dianggap sulit untuk berubah dalam mengatasi ekonomi keluarga akhirnya tergerak untuk maju sehingga terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. Ke depannya dengan membangun motivasi dan kreativitas berwirausaha IRT Krupuk Kanji maka Kelurahan Kedungkandang akan menjadi penggerak ekonomi di Kota Malang.

Setelah dilakukan pengabdian masyarakat untuk IRT Krupuk Kanji dengan cara pemanfaatan teknologi dalam proses produksi, label kemasan, maka industri rumah tangga krupuk kanji ini semakin meningkat produktivitasnya, omset penjualan meningkat dan juga daerah pemasarannya semakin luas, serta adanya dukungan pemerintah daerah yang menjadikan krupuk tangguk ini menjadi produk unggulan Kota Malang.

www.infodiknas.com