Profil

Sambutan

Diperbaharui tanggal: 27 November 2017

  

Assalamu’alaikum wr. Wr.

  Alhamdulillah sebagai rasa syukur kami kepada Allah SWT yang telah memberikan pertolongan-Nya dan hidayah-Nya kepada kami dalam mengemban amanah dalam bentuk kepercayaan lembaga kepada kami sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Malang selama dua periode 2011-2016 dan 2016-2020.

LPPM Universitas Islam Malang menjalankan dua fungsi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu penelitian dan pengabdian. Guna menjalankan fungsi tersebut secara optimal, maka manajemen penelitian dilakukan secara terencana dan terukur.

Perencanaan dan pengukurannya dilakukan menyesuai dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam pengelolaan riset atas dasar Rencana Induk Penelitian (RIP) dan pengabdian dengan Rencana Strategi (Renstra)-nya.

RIP UNISMA adalah mengarahkan riset yang dilakukan para peneliti pada satu titik penelitian yaitu ketahanan dan keamanan pangan yang dianalisis secara holistik. Ketahanan dan keamanan pangan didasarkan atas pusat studi/keahlian; (i) agama dan pendidikan, (ii) pusat studi teknologi, sumberdaya alam dan lingkungan, (iii) pusat studi sosial, ekonomi dan humaniora, (iv) pusat studi gender. Pengelompokan ini didasarkan atas isu-isu strategis nasional/internasional yang kemudian disusun konsep dan dilanjutkan dengan pemecahan masalah yang akhirnya dengan memunculkan topik-topik penelitian yang diperlukan.

Hasil-hasil penelitian dari para peneliti diwajibkan memunculkan output akademik berupa jurnal terakreditasi/beriputasi, buku ajar, haki, dan sebagainya.  Juga diharuskan memunculkan output program berupa purwarupa, produk, prototipe, teknologi tepat guna dan sebagainya yang dipakai sebagai dasar dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian antara penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagaikan suatu ‘sistem’  bermuara pada satu titik ketahanan dan keamanan pangan yang tentunya semuanya untuk mendukung visi, misi dan tujuan Universitas Islam Malang.

Demikian sambutan kami, mohon do’a restu dalam menjalankan amanah ini.

Wassalamu’alaikum wr. Wr.

                                                                                                            Malang, 25 Pebruari 2016

 

                                                                                                            Masyhuri Machfudz