Pengumpulan Luaran KSM-Tematik

Assalamualaikum, war wab.


Berkaitan dengan berakhirnya KSM-Tematik maka untuk mempermudah pengumpulan luaran hasil KSM diisi oleh koordinator/ketua kelompok, batas pengumpulan Sabtu, 26 Maret 2022, pukul 14.00 WIB. Melalui formulir: bit.ly/LuaranKSM0222

Pada Formulir berisi kewajiban setiap kelompok melaporkan luaran hasil Setiap kelompok berkewajiban membuat luaran pengabdian berupa:

Gambar 1

1. Berita pada media masa on-line dan atau cetak. Apabila belum terbit maka bisa diisi dengan Judul pada e-mail yang telah dikirim (contoh: Berita KSM-TEMATIK Kelompok 90_DPL _Mahasiswa KSM UNISMA Menyulap Lingkungan Menjadi Desa Ramah Anak dan Lansia). Apabila terdapat lebih dari satu berita dapat menuliskan dengan memberi kan tanda koma (,)

Gambar 2

2. Video kompilasi kegiatan KSM-TEMATIK minimal 2 menit, video berisi kegiatan pengabdian dengan mengenakan atribut KSM-TEMATIK Unisma;

rambu-rambu dalam mengambil video kegiatan selama kegiatan KSM dilaksanakan.

  • saat mengambil video hp posisi miring (landscape) resolusi HD 16:9
  • usahakan posisi HP sejajar dengan wajah yang dishooting (HP tidak terlalu tinggi atau rendah dari wajah yang dishooting?
  • Usahakan memilih tempat yang cukup cahaya (terang) dengan bakground yang sesuai dengan acara (usahakan terlihat atribut Unisma atau lembaga lokasi pelaksanaan kegiatan)
  • Saat mengambil video mohon HP di silent
  • Orang yang di shooting tidak membelakangi kamera.
  • Usahakan menggunakan tripot atau pegangan HP untuk meminimalisir getaran tangan.
  • Video yang diambil berbasis kegiatan
  • Usahakan menggunakan kamera DSLR atau yang lebih bagus

Gambar 3

3. Laporan pelaksanaan KSM-TEMATIK, format diunduh http://lppm.unisma.ac.id/2022/03/04/format-laporan-ksm-tematik/ Lembar Pengesahan harus sudah ada tanda tangan dari Koordinator Kelompok, DPL, Kepala Desa+stempel desa, dan Ketua LPPM (maksimal 10 MB).

Gambar 4

4. Artikel pengabdian kepada masyarakat, submit pada Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) Unisma oleh DPL, laman http://conference.unisma.ac.id/index.php/KOPEMAS/KOPEMAS/about/submissions#onlineSubmissions , template dapat diunduh pada laman OCS Kopemas.

Gambar 5

5. juan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) diajukan melalui e-mail: sentrahki@unisma.ac.id , format diunduh http://lppm.unisma.ac.id/2022/03/04/format-laporan-ksm-tematik/ atau menghubungi admin sentra HKI +62 813-3571-5858 (Eko Sakti)

Untuk konsultasi silahkan langsung pada Centra HKI dan Inovasi Unisma Gd. Al Ghozali lt 1

Tambahan:
Dokumentasi KSM-TEMATIK; Pilih 1 foto terbaik, dengan resolusi tinggi kegiatan KSM yang melibatkan masyarakatdan mengenakan atribut KSM (minimal 500 kb).
Saran untuk melanjutkan program kelompok KSM berikutnya di lokasi (Desa KSM anda)

Info lebih detail bisa melalui http://lppm.unisma.ac.id/2022/03/11/pengumpulan-luaran-ksm-tematik/

Terima kasih