LPPM UNISMA Mengadakan Pendampingan Manajemen Pengelolaan Jurnal Ilmiah untuk Meraih Indeksasi Internasional Bereputasi

Malang – Dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi dan pengelolaan jurnal ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)  Universitas Islam Malang menggelar kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan jurnal Ilmiah Berbasis Open Journal System (OJS) dengan tema “Manajemen Pengelolaan Jurnal Ilmiah untuk Meraih Indeksasi Internasional bereputasi” bertempat di Ruang Sidang Drs. KH. Abdul Ghofir, Gd. Umar Bin Khattab Lt. 4, Selasa (30/3).

Pada kegiatan tersebut di buka oleh Rektor Universitas Islam, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si mengatakan kegiatan yang digelar merupakan wujud nyata UNISMA menggiatkan dan meningkatkan kualitas publikasi atau penerbitan jurnal ilmiah menggunakan OJS. “Saya berharap melalui kegiatan sharing ini, para pengelola jurnal dapat meningkatkan pengetahuannya dalam mengelola jurnal menggunakan OJS sehingga kualitas pengelola jurnal ilmiah kedepan bisa lebih baik, serta semakin meningkatnya indeksasi jurnal di lingkungan UNISMA sehingga bisa memberikan kontribusi positif bagi Universitas Islam Malang.

Kegiatan workshop yang melibatkan dua narasumber yaitu Siti Mutrofin (Editor in Chief Jurnal Register, Terindeks Scopus) yang memberikan materi pelatihan dan pendamppingan tentang Manajemen OJS dalam menyiapkan pengajuan Akreditasi Jurnal Nasional (Sinta) dan Tips meraih indeksasi Internasional Bereputasi (Scopus). Serta Associate Editor Directory of Open Access Journal (DOAJ), Eko Pramudya Laksana yang memberikan materi tentang optimalisasi jurnal menuju indeksasi ke DOAJ ini diikuti sebanyak 48 peserta yang merupakan pengelola jurnal ilmiah.

Materi pada sesi yang pertama tentang Manajemen OJS dalam menyiapkan pengajuan Akreditasi Jurnal Nasional (Sinta) dan Tips meraih indeksasi Internasional Bereputasi (Scopus), pada sesi ini Siti Mutrofin melakukan bedah jurnal pada salah satu jurnal yang akan mengajukan Akreditasi dan memberikan arahan tetang apa saja yang diperlukan oleh pengelola jurnal agar jurnal yang dikelola bisa terindek Sinta dan Scopus.

Sedangkan pada sesi yang kedua materi dan pendampingan disampaikan oleh Eko Pramudya Laksana tentang Persiapan dan setting jurnal untuk mendaftar indeksasi Directory of Open Access Journals (DOAJ). Pada sesi ini, peserta diajak berdiskusi dan sharing pendapat mengenai masalah-masalah yang ditemui pada saat pengajuan DOAJ.

Kegiatan workshop yang berlangsung selama 1 hari ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi pengelola jurnal ilmiah di lingkungan UNISMA dalam meningkatkan indeksasi jurnal ilmiah di UNISMA tidak hanya indeksasi nasional bereputasi, namun bisa meningkat juga pada indeksasi internasional. Kepala Pusat Publikasi Ilmiah dan Rumah Jurnal LPPMUNISMA, Dr. Dwi Fita Heriyawati, M.Pd menyampaikan dengan terselenggaranya workshop ini, para pengelola jurnal termotivasi untuk meningkatkan indeksasi jurnal ilmiah bagi jurnal yang telah terakreditasi dan bagi jurnal yang belum terakreditasi dapat segera terakreditasi dalam waktu yang tidak terlalu lama, sehingga dapat memberikan kontribusi yang nyata untuk mendukung terwujudnya Universitas Islam Malang menjadi World class university.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *