LPPM UNISMA MENGADAKAN FGD RESTRUKTURISASI SOTK BERSAMA DINAS SOSIAL, INSPEKTUR, BKD, BAPPEDA, DAN BIRO ORGANISASI PROVINSI JAWA TIMUR

LPPM UNISMA bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Focus Grup Discussion (FGD) pada Kamis 18 Maret 2021 di Ruang Sidang KH. Abdul Ghofir lantai 4,  Yang dihadiri oleh 30 Kepala UPT Dinas Sosial,  Kepala Dinas Sosial provinsi Jawa Timur, Seketaris Dinas Sosial, Sub Bagian Penyusunan Program dan Anggaran, dan Kepala Rehabilitasi Sosial, Inspektorat, Kepala Biro Organisasi, Kepala BKD, dan Bappeda.

Sambutan pertama yang disampaikan oleh ‪Prof. M. Mas’ud Said, MM. Ph.D selaku Pengarah Tim SOTK. Memberikan arahan untuk Provinsi Jawa Timur memperoleh capaian terbaik melalui semangat perbaikan, menyesuaian perundangan, kebijakan, penguatan peran, SDM, layanan berbasis masyarakat, serta sinergi dan kolaborasi.

Sambutan Rektor UNISMA Prof. Dr. Maskuri, M.Si sekaligus membuka FGD menyampaikan ucapan terima kasih telah dipercaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang secara berkelanjutan. Di tahun 2020 lalu mengadakan launching CETAR, Pusat Studi Jawa Timur, Penyusan Standar Pelayanan Lanjut Usia, dan sekarang UNISMA diberikan amanah untuk melaksanakan penyusunan naskah akademik Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

Sesi penyampaian materi dilanjutkan oleh Kepala Dinas Sosial Prov. Jatim Dr. Alwi, M. Hum, menyampaikan kondisi, tujuan, dan sasaran Dinsos. Di segala era yang ditangani Dinsos adalah orang, jadi tidak bisa diganti dengan komputer. Selanjutnya Inspektur Dr. Drs Helmi Perdana Putera, M.Si memberikan penjelasan tentang tugas pengawasan yang dilakukan. Restrukturisasi diperbolehkan, apabila organisasi sudah dinilai tidak efektif, efisien, dan tidak sesuai perkembangan zaman.

Kepala Biro Organisasi M. Hadi Wawan Guntoro, S. STP, M.Si, memberikan petunjuk tentang undang-undang yang terkait dengan restrukturisasi susunan organisasi dan tata kerja (SOTK). Materi dilanjukan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Prov. Jatim  Dr. Nurkholis, S. Sos, M. Si memberikan gambaran yang paling sulit dari proses restrukturisasi adalah di BKD karena butuh penataan kepegawaian dan tugasnya. Pemateri terakhir adalah pemaparan dari Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPM BAPPEDA) Provinsi Jatim Ir Sigit Panoentoen, M. Si yang menjelaskan akan menyusun perubahan RPJMD yang akan mempengaruhi struktur, tugas, dan fungsi organisasi.

Penyusunan Naskah Akademik SOTK yang diketuai oleh Dr. Dwi Fita Heriyawati, MP.d, ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dari sisi akademis dalam proses penyusunan Naskah Akademik SOTK Dinas sosial Provinsi Jawa Timur. Dr. Nour Athiroh AS, S. Si, M.Kes selaku ketua LPPM UNISMA menyampaikan bahwa UNISMA memberikan kontribusi yang nyata secara akademis dalam proses penyempurnaan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Dinas Sosial provinsi Jawa Timur.  Beliau berharap kerjasama yang baik antara UNISMA dan Dinas Sosial provinsi Jawa Timur dapat berlangsung secara berkesinambungan di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *