Universitas Islam Malang, Gelar Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS)

LPPM UNISMA

Universitas Islam Malang turut berkontribusi menghadapi Pandemi Covid-19 di Indonesia melalui kegiatan beberapa kegiatan, termasuk Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). KKN-PPM edisi Covid-19 di Lingkungan Universitas Islam Malang merupakan kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan di Universitas Islam Malang (UNISMA). Sebagai salah satu perguruan tinggi Islam, UNISMA telah menetapkan KKN-PPM di Lingkungan Universitas Islam Malang sebagai kegiatan intrakurikuler yang wajib ditempuh oleh mahasiswa. KKN-PPM di Lingkungan Universitas Islam Malang sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat guna memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk belajar mengindentifikasi potensi wilayah, merencanakan program pengembangan dan bekerja sama dengan masyarakat untuk melaksanakan rencana program pengembangan yang telah disusun berdasarkan kondisi obyektif masyarakat.

Penandatangan MoU bersama secara virtual dengan sembilan co-Host KOPEMAS

Selanjutnya, untuk menyebarluaskan hasil pelaksanaan Pengabdian pada Masyarakat dan lebih mendorong tumbuh berkembangnya budaya mengabdi pada kalangan dosen baik di lingkungan UNISMA ataupun di luar UNISMA maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM-UNISMA) mendapatkan amanah sebagai host Konferensi Pengabdian Pada Masyarakat (KOPEMAS)  pada tanggal 7 Desember 2020 secara virtual dengan mengusung tema “Model KKN Tematik untuk Mewujudkan Masyarakat Tangguh Guna Percepatan Pembangunan di Era Pendemi Covid-19” Kegiatan ini harus dilakukan dengan perencanaan dan pengendalian yang baik agar memiliki hasil yang bermanfaat bagi peserta konferensi nasional ini. Dimana Hasil dari Konferensi nasional pengabdian kepada masyarakat yang nantinya dihasilkan oleh dosen-dosen diharapkan bisa berkontribusi dalam meningkatkan kemajuan, kemandirian, dan daya saing daerah maupun nasional.

Dalam penyelenggaraan KOPEMAS kali ini, dihadiri 3 Keynote Speaker :

1. Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si

(Rektor Universitas Islam Malang)

2. Prof. Dr. H. Basri Modding, SE. M.Si

(Rektor Universitas Muslim Indonesia- Makasar)

3. Dr. Ir. Hj. A. Majdah M. Zain, M. Si

(Rektor Universitas Islam Makasar)

👤 Moderator :

Dr. Nour Athiroh AS, S.Si., M.Kes

(Ketua LPPM Universitas Islam Malang)

🔖 Co Host :

1. Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar

2. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara (UNISNU) Jepara

3. Universitas Alma Ata Yogyakarta

4. Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan

5. Universitas Islam Makassar (UIM)

6. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Anwar Medika Sidoarjo

7. Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM)

8. Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI) Malang

9. Universitas Sultan Agung Semarang (UNISULA)

Para Moderator memandu sesi pararel presentasi para pemakalah menggunakan media daring zoom meeting

KOPEMAS melibatkan 172 pemakalah dari 27 institusi Perguruan Tinggi se Indonesia, yang terbagi dalam delapan ruang pada dua sesi pararel yang disetiap ruang terdiri dari sepuluh pemakalah.

Kami berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah ikut membantu dan mensukseskan acara KOPEMAS kali ini. Semoga komitmen ini tidak berhenti sampai digerbang UNISMA namun sampai keseluruh universitas yang lainnya.

Vidio Pembukaan Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS)

Vidio Penutupan Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *